Pengertian Jaringan Komputer

By Taufik Nur Iskandar - April 15, 2019












Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Macam - Macam Jaringan Komputer

1. PAN (Personal Area Network


PAN (Personal Area Network) adalah jaringan komunikasi satu perangkat lain dengan perangkat lainnya dalam jarak sangat dekat, hanya dalam beberapa meter saja.

Contoh Jaringan PAN  adalah :
  1.  Menghubungkan  HP dengan Laptop menggunakan Bluetooth.
  2.  Menghubungkan mouse dengan Laptop menggunakan Bluetooth.
  3.  Menghubungkan Printer dengan Laptop menggunakan Bluetooth


2. LAN ( Local Area Network)

LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampusgedungkantor, dalam rumahsekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

Kekurangan Jaringan LAN 


  1. Lebih irit dalam pengeluaran biaya operasional
  2. Lebih irit dalam penggunaan kabel
  3. Transfer data antar node dan komputer lebih cepat karena mencakup wilayah yang sempit/lokal dan juga tidak memerlukan operator telekomunikasi untuk membuat sebuah jaringan LAN.


Keuntungan Jaringan LAN


  1.  Cakupan wilayah jaringan lebih sempit sehingga untuk berkomunikasi ke luar jaringan  menjadi sulit.
  2.  Area cakupan transfer data tidak luas.
  3.  Tidak bisa dijadikan sebagai server.

3. MAN ( Metropolitan Area Network)

MAN (Metropolitan Area Network) adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoranpemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

Keuntungan Jaringan MAN

  1. Server kantor pusat bisa berfungsi sebagai pusat data dari kantor cabang
  2. Transaksi yang Real-Time (data di server pusat diupdate saat itu juga, contohnya pada mesin ATM untuk wilayah nasional
  3. Komunikasi antar antor dapat memakai e-mail, chatting dan Video Conference (ViCon)


Kekurangan Jaringan MAN

  1.  Biaya operasional mahal.
  2.  Instalasi dalam infrastrukturnya tidak mudah.
  3.  Sulit jika terjadi trouble jaringan.


4. WAN (Wide Area Network)

WAN (Wide Area Network) adalah  jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.
WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan area lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

Kerugian Jaringan WAN 
  1. Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kantor cabang.
  2. Bisa diakses dengan jangkauan area grografis yang luas
  3. Komunikasi antar kantor dapat menggunakan E-Mail & Chat.
  4. Dokumen/File yang biasanya dikirimkan melalui fax ataupun paket pos, dapat dikirim melalui E-mail dan Transfer file dari/ke kantor pusat dan kantor cabang dengan biaya yang relatif murah dan dalam jangka waktu yang sangat cepat.
  5. Pooling Data dan Updating Data antar kantor dapat dilakukan setiap hari pada waktu yang ditentukan.
Keuntungan Jaringan WAN 
  1. Biaya operasional mahal dan umumnya lambat
  2. Memerlukan Firewall yang baik
  3. Rentan terhadap hacker atau ancaman dari luar lainnya.
Demikian Penjelasan tengan Jaringan Komputer, Semoga Membantu anda.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar